Sabtu, 25 Agustus 2012

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Sejarah perkembangan teknologi komunikasi dibagi menjadi
1. Periode sebelum masehi
a. Periode sampai 3000 SM
Komunikasi dengan menggunakan gambar didinding gua yang menceritakan tentang cara berburu, bahasa digunakan dengn dengusan, isyarat, dan gerakan tangan
b. Periode 3000 SM
3000 SM bangsa sumeria mengguakan tulisan sebagai alat komunikasi berupa symbol-simbol (huruf piktograf)
2900 SM bangsa mesir kuno mengukan huruf hieroglif sebagai alat komunikasi
500 SM bagsa mesir kuno mengukana serat papyrus sebagai kertas untu menulis sebuah tulisan
105 SM bangsa cina menggukan kertas dari serat bambu
2. Periode setelah masehi
a. Penemuan telegraf oleh Samuel Finley Breese Morse 1837
b. Telepon ditemukan Antonio Meucci 1874, dikembangkan Alexander Graham Bell 1876
c. Radio, Guglielmo Marconi 1901 dengan mengirimkan sinyal-sinyal kode telegraf melewati lautan Atlantik dengan gelombang eletronagmetik
d. Televisi ditemukan Paul Nipkow 18883
e. Dan beberapa penemuan lain

Sejarah pengembangan computer:
5000 tahun yang lalu di Asia ada alat “abacus “ digunakan sebagai alat hitung
1642 Blaise Pascal menanukan kalkulator “Pascaline”, melakukan operasi penjumlahan
1694 Gottfred Wilhem von Leibniz menemukan alat hitung penjumlahan dan perkalian
1820 kalkulator mekanik “Arithometer” oleh Charles Xavier Thomas de Colmar, alat ini mampu melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
Cikal bakal computer : penemuan mesin hitung “difference engine” oleh Charles Babbage 1822
Dan ada beberapa penemuan berikutnya

Pengembangan computer berdasar generasi:
1. Generasi pertama (1946-1959)
Ciri :
Menggunakan tabung hampa pd sirkuitnya
Program hanya dibuat dengan bahasa mesin
Ukuran fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
Capat panas, perlu mesin pendingin
Proses lambat
Kapasitas sedikit
Butuh data listrik besar
Aplikasi terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC

2. Generasi kedua (1959-1964)
Ciri:
Menggunakan trasnsistor pada sirkuitnya
Ukuran fisik lebih kecil
Menggukana program bahasa tingkat tinggi : FORTRON, COBOL, ALGOL
Kapasitsa memori cukup besar
Menggukana simpanan luar magnetic disk
Mempunyai kemampuan realtime dan time sharing
Proses operasi lebih cepat
Membutuhkan daya lebih kecil
Aplikasi lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400

3. Generasi ketiga (1964-1970)
Ciri :
Menggunakan IC ( Integrated Circuit)
Peningkatan software
Proses pengolahan data lebih cepat dan akurat
Mempunyai kapasitas memory lebih besar
Mengguakan penyimpan luar
Daya listrik lebih hemat
Menggunakan multi processing
Menggunakan visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
Harga murah
Dapat berkomunikasi antar komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC 6000

4. Generasi keempat (1979-sekarang)
Ciri :
Berukuran lebih kecil
Harga relative murah
Mecul PC (personal computer)
Terdapat aplikasi yang semakin lengkap
Menggunakan VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
Menggunakan chip yang bernama microprocessor
Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio Shack, Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36

5. Generasi kelima
Dalam pengembangan oleh Negara Jepang
Mengunakan VLSI (Very Large Scale Interation)

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh penerapan dibidang :
Perusahaan : ERP (Enterprise Resource Planning)
Bisnis : E-Commerce
Perbankan : E-Banking
Pendidikan : E-Learning
Kesehatan : Smart Card

DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau tindakana yang melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
Cracking : usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan

MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar menghidupkan computer
1. Menyalakan stabilizer
2. Menyalakan power pada Chassing / CPU
3. Menyalakan power pada monitor
4. Menunggu computer loading system operasi (missal Windows)
5. Tunggu beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di monitor

Prosedur yang benar mematikan computer
1. Klik tombol start
2. Pilih shut down atau turn off
3. Klik OK
4. Tunggu beberapa saat sampai computer mati
5. Matikan tombol off pada monitor dan stabilizer

PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat keras dibangi menjadi
1. Perangkat masukan (input device)
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Digital camera
f. Microphone
g. Webcam
2. Perangkat proses (process device)
a. Motherboard / Mainboard
b. CPU / Microprocessor : ALU: aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit
3. Perangkat simpan (storage device)
a. Primary storage : ROM, RAM
b. Secondary storage : harddisk, disket, UFD, CD/DVD
4. Perangkat keluaran (output device)
a. Monitor
b. Printer
5. Perangkat tambahan (peripheral) : TV turner, card reader, modem

PERANGKAT LUNAK
Penggolongan perangkat lunak
1. Sistem Operasi
a. Basis teks (CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, UNIX
b. Basis grafis (GUI:Graphic Unit Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux
2. Program Utility
a. File Viewer : ACDSee, Adobe Reader
b. Sytem Utulity : program Scandisk, hardware monitor, file compression, security program (antivirus, anti spyware, firewall, password generator)
3. Bahasa Pemprograman : FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…
4. Program Aplikasi
a. Program pengolah kata
b. Program pengolah angka
c. Program presentasi
d. Program multimedia
e. Program desain grafis
f. Program publisher
g. Program database

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar